4 Rekomendasi Raker Fraksi PKS Lampung Fokus Pengentasan Kemiskinan

0
1309

BANDAR LAMPUNG – Anggota legislatif dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) se-Lampung, terutama yang tergabung dalam fraksi mandiri, wajib mendorong adanya kebijakan terkait ketersediaan energi di Lampung melalui optimalisasi perusahaan daerah maupun swasta yang mengelola sumber-sumber energi tersebut.

Demikian salah satu butir rekomendasi yang mengemuka dalam Rapat Kerja (raker) Fraksi PKS Lampung  bertajuk “Bersama Entaskan Kemiskinan di Lampung” yang dihadiri legislator PKS dari tingkat pusat hingga kabupaten kota selama dua hari (11-12/3) kemarin. Butir rekomendasi lain di antaranya yakni anggota DPRD dan Fraksi PKS harus mendorong dan memback-up pemerintah (daerah) pada penguatan kebijakan dan penganggaran program penanganan kemiskinan.

“Konkritnya seperti optimalisasi sistem resi gudang, revitalisasi Balai Latihan Kerja, pembentukan bank tani dan nelayan serta program-program serupa lainnya,” jelas anggota FPKS DPRD Lampung asal Lampung Timur Prio Budi Utomo.

Rekomendasi itu juga mewajibkan anggota DPRD dan Fraksi PKS untuk menginisiasi pembentukan peraturan daerah tentang pengentasan kemiskinan serta mendorong optimalisasi kerja tim penanganan kemiskinan.

Legislator PKS dapil Bandar Lampung Hantoni Hasan mengutarakan kemustahilan membahas pengentasan kemiskinan semata-mata dari pemaparan masalah, namun abai terhadap solusi konkritnya. “Contoh saat program bantuan hand tractor kepada kepala-kepala desa di Lampung Utara, ada yang protes bahwa program itu tak tepat sasaran. Tapi pas yang bersangkutan ditanya ‘jadi yang tepat kemana’ juga ga bisa jawab,” tukas Ketua Komisi 2 DPRD Lampung itu. Ia juga menegaskan bahwa pengentasan kemiskinan harus jadi visi dan program bersama, tidak cukup hanya dari legislatif saja. Melainkan harus melibatkan eksekutif, swasta, maupun masyarakat sendiri.

Sementara itu, Ketua FPKS DPRD Lampung, Ade Utami Ibnu menyampaikan dalam sambutan penutupannya, bahwa kehadiran raker fraksi yang dilakukan selama dua hari lalu bukan ada secara tiba-tiba namun melalui perencanaan selama berbulan-bulan, termasuk menggodok draft dan bahan raker yang difokuskan pada solusi kemiskinan di Lampung.

“Raker ini ingin membuktikan bahwa Fraksi PKS seLampung beserta anggota dewannya serius memperjuangkan penanganan kemiskinan di Lampung. Salah satu indikator kesuksesan anggota dewan PKS dan Fraksi PKS seLampung adalah berhasil memperjuangkan ketercapaian rekomendasi-rekomendasi yang telah disusun dalam raker fraksi PKS ini,” ujar Ade. []

LEAVE A REPLY